Rabu, 12 Oktober 2016

9 Misteri Bawah Air yang Sampai Sekarang Tak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Kita sudah sering melihat berbagai kehidupan di bawah laut yang indah dan menakjubkan. Penuh dengan terumbu karang berwarna-warni serta berbagai kumpulan ikan-ikan menarik bukan?

Tapi pernahkah kamu membayangkan seperti apa kehidupan di laut dalam? Kehidupan laut jarang ada manusia yang bisa menjelajahi sepenuhnya. Dengan keadaan yang seperti itu, pernahkah juga kamu membayangkan seperti apa makhluk yang tinggal di dalamnya?

1. Monster Laut Danau Labynkyr, Siberia

Warga lokal sudah punya dongeng monster ini sejak lama. Mereka menyebutkan Sang Iblis yang suka membalikkan perahu nelayan. Ilmuwan sempat tidak percaya, namun alat sonar bawah air membuktikan kalau warga lokal mungkin tidak berbohong.

Professor Biogeografi dari Moscow State University, Lyudmila Emeliyanova kepada The Siberian Times mengatakan alat sonar menangkap objek besar di bawah air. Dia mengatakan ilmuwan harus memecahkan misteri monster ini.

2. Monumen Yonaguni, Jepang

Monumen Yonaguni adalah formasi bebatuan dasar laut di lepas pantai Yonaguni, ujung selatan kepulauan Ryukyu, Jepang. Ada perdebatan apakah situs tersebut merupakan gejala alam belaka, bebatuan alami yang telah dimodifikasi atau merupakan buatan manusia seutuhnya. Situs itu kadangkala disebut "Formasi bawah laut Yonaguni"

3. Jalan Bimini, Kepulauan Bahama

Jalan Bimini adalah formasi batu di dasar laut yang terletak di dekat Bimini di Kepulauan Bahama. Batu ini berbentuk persegi. Jalan Bimini ditemukan pada tanggal 2 September 1968 oleh J. Manson Valentine ketika menyelam. Tepat seperti yang pernah diutarakan oleh seorang ahli metafisik terkenal Amerika, Edgar Cayce yang meramalkan bahwa bukti dari sisa-sisa peradaban Atlantis akan muncul di sekitar Bahama diantara tahun 1968 dan 1969.

4. Reruntuhan Kota di Bawah Laut, Kuba

Peninggalan prasejarah kembali ditemukan di dasar laut. Kali ini runtuhan tersebut berada dilepas pantai Semenanjung Guanahacabibes Pinar del Río, Kuba, yang kira-kira berusia 6.000 tahun. Dengan menggunakan Kapal Selam Robot untuk menjelajah dasar laut Kuba, para peneliti mengemukakan bahwa mereka telah menemukan beberapa struktur-struktur bebatuan yang mungkin telah dikonstruksi oleh peradaban kuno yang tidak diketahui ribuan tahun lalu.

Hasilnya menunjukkan adanya blok-blok besar dari granit yang berbentuk formasi melingkar dan tegak lurus. Sebagian dari blok-blok tersebut, mempunyai panjang dua sampai lima meter, tidak terlapisi oleh apapun. Yang lainnya dilapisi oleh sedimen dan pasir putih.

5. Reruntuhan Teluk Khambhat, India

Pada tahun 2000, situs bersejarah ditemukan di Teluk Cambay, atau biasa disebut Teluk Khambhat di India. Penemuan Cambay Ruins terjadi secara kebetulan, ketika ahli kelautan dari National Institute of Ocean Technology, sedang melakukan tes sonar untuk mengecek tingkat polusi. Ketika sonar menangkap suatu bentuk bangunan, ditemukanlah reruntuhan yang berasal dari kebudayaan masa lalu itu.

6. Anomali Laut Baltik, Swedia

Di laut Baltik, antara Swedia dan Finlandia, tim Ocean Explorer Swedia tercengang dengan penemuan baru, sebuah benda asing terbaring di dasar laut yang dalam. Bentuknya aneh, menyerupai piring terbang. Diameternya sekitar 60 meter. Dari hasil sonar dan ekspedisi penyelaman, benda ini mengingatkan kepada pesawat Millenium Falcon dalam film Star Wars ya?

7. Struktur Batu Galilee, Israel

Struktur batu "monumental" raksasa ditemukan di bawah air Laut Galilee di Israel. Arkeolog berusaha mencari tahu asal-usul struktur batu dan sejak kapan objek tersebut telah terbentuk. Dilansir Foxnews, Kamis (11/4/2013), struktur misterius ini berbentuk kerucut yang terbuat dari sejumlah material batu. Batu tersebut ditaksir memiliki berat hingga 60 ribu ton.

Batu tersebut lebih berat dari kebanyakan kapal perang modern saat ini. Struktur misterius ini meningkat hampir setinggi 32 kaki dan berdiameter 230 kaki. Struktur asing ini tampak seperti timbunan batu yang saling bertumpuk dan kabarnya juga mirip seperti yang digunakan untuk menandai makam.

8. Misteri Air Terjun Niagara, Kanada

Air terjun Niagara konon bagaikan sebuah magnet raksasa. Air danau Ontario yang tumpah menderu-deru ke danau Erie itu konon menyimpan sesuatu yang dahsyat, suatu "rahasia" terpendam di kedalaman kawasan lima danau besar (The Great Lakes) -- Ontario, Erie, Huron, Michigan dan Superior -- yang membatasi AS dan Kanada.

Hampir setiap tahun ada pesawat terbang yang amblas, tenggelam atau ditarik menyimpang dari rute penerbangannya di kawasan Great Lakes. Bahkan kadang danau-danau raksasa itu meminta korban kapal.

9. Lingkaran Misterius Bawah Laut

Cincin-cincin yang terbentuk di sela tanaman laut (eelgrass) -- lebarnya bisa mencapai 15 meter -- terkadang bisa jelas terlihat dari permukaan air laut yang jernih. Formasi tersebut kali pertama terjepret kamera para wisatawan pada 2008, lalu 2011. Memicu spekulasi yang biasanya mengiringi kemunculan crop circle atau lingkaran tanaman di lahan-lahan pertanian.

Laut memang menyimpan banyak misteri ya.